Penerapan E-Office yang pertama, tahun 2008 telah membangun aplikasi SIMRS di RS Paru Dr.H.A Rotinsulu , yang dioperasionalkan khususnya untuk front office / Billing System. Disamping itu pada tahun 2010 dikembangkanlah situs web RS Paru Dr.H.A Rotinsulu yang pada awalnya beralamat www.rotinsululunghospital.org yang kemudian pada tahun 2011 diganti menjadi www.rsparurotinsulu.org, desain dan framework yang digunakan beberapa kali mengalami perubahan terakhir pada tahun 2015.

Pada tahapan penerapan E-Office tahap selanjutnya dikembangkan beberapa modul yang lebih menitikberatkan pada back office, diantaranya pengelolaan SDM, Remunerasi, Persediaan dan lain sebagainya yang dimulai kurun waktu tahun 2012 sampai sekarang. Pada prinsipnya pengembangan sistem E-office berjalan mengikuti dinamika organisasi dimana sistem itu berjalan, penyesuaian tersebut diantaranya bisa disebabkan oleh perubahan regulasi, perubahan kebutuhan ataupun hal lainnya.

Selain aplikasi yang dikembangkan sendiri, RS Paru Dr.H.A Rotinsulu juga mengoperasionalkan aplikasi yang didrop dari pusat baik Kementerian Kesehatan seperti SIMKA, SIMPEG , RS Online dan sebagainya, dari Kementerian Keuangan seperti SIMAK BMN, RKAKL, Belanja Gaji dan sebagainya maupun dari LKPP seperti LPSE dan E-Purchasing

pengembangan kedepan disesuaikan dengan masterplan pengembangan SIMRS dan IT yang telah disusun pada tahun 2016